Dalam ajang IDGX 2025, Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid, menyampaikan bahwa game bisa menjadi jembatan yang menghubungkan karya anak muda Indonesia ke pasar global. “Game kini tidak hanya menjadi hiburan, tetapi menjadi jembatan yang menghubungkan karya generasi muda Indonesia ke pasar global,” kata Meutya.
Di tengah ketatnya persaingan industri game global, Meutya mengajak para generasi muda untuk berpikir kreatif, berinovasi, dan bekerja keras dalam melahirkan karya-karya game berkualitas. Dengan semangat generasi muda untuk berkarya, Indonesia diharapkan dapat menjadi pusat industri kreatif digital di kawasan Asia Tenggara.
Menurut Meutya, generasi muda atau Gen Z menjadi faktor penting dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai pusat industri kreatif digital di kawasan ASEAN. Tempat berkumpulnya talenta, teknologi, dan investasi akan menghasilkan karya-karya berkelas dunia yang patut diperhitungkan.
Mendorong Inovasi Dalam Dunia Permainan Digital
Dalam membangun ekosistem game yang kuat, penting bagi generasi muda untuk terus menantang diri mereka. Meutya juga menjelaskan bahwa individu yang berpikir kritis dan inovatif akan lebih mudah menemukan peluang di industri ini.
Dengan menguasai teknologi terkini, anak muda dapat menciptakan pengalaman bermain yang unik dan menyenangkan. Kegiatan belajar yang melibatkan pembuatan game juga penting untuk mengasah kemampuan teknis dan kreativitas.
Pendidikan formal dan non-formal di bidang teknologi informasi dan multimedia perlu ditingkatkan. Dengan kurikulum yang relevan, generasi muda akan lebih siap memasuki dunia kerja dan berkontribusi secara langsung di industri game.
Peluang Bagi Kreator Game Lokal
Pasar game di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang pesat, menciptakan berbagai peluang bagi para kreator lokal. Meutya menegaskan bahwa produk-produk game hasil karya anak bangsa dapat bersaing di pasar internasional.
Melalui dukungan dari pemerintah dan sektor swasta, kolaborasi antar kreator dapat terjalin. Hal ini akan menciptakan jaringan yang saling menguntungkan serta mempercepat proses pengembangan game yang berkualitas.
Kreator lokal yang memahami budaya Indonesia dapat menciptakan game yang lebih relevan dan menarik bagi masyarakat. Dengan memanfaatkan cerita-cerita lokal, mereka dapat memberikan dampak positif melalui game yang edukatif dan menghibur.
Membangun Kolaborasi Antar Penggiat Industri Game
Membangun ekosistem game yang sukses memerlukan kolaborasi dari berbagai pihak. Semua stakeholder, mulai dari pengembang hingga investor, perlu terlibat aktif dalam proses ini.
Meutya menjelaskan pentingnya acara-acara yang mempertemukan para penggiat industri. Forum seperti itu tidak hanya memperluas jaringan tetapi juga memberikan kesempatan untuk bertukar ide dan pengalaman.
Dengan membangun kolaborasi yang solid, diharapkan akan terealisasi proyek-proyek game yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Hal ini juga akan membantu mempromosikan karya-karya anak bangsa di kancah internasional.